Inilah Fungsi Sebenarnya Aplikasi 'Twitter #music' Sekaligus Penampakannya

Bisa streaming seperti Spotify? Atau menjual lagu seperti iTunes?

Akhirnya aplikasi 'Twitter #music' telah meluncur pada hari Kamis, 18 April minggu lalu. Perusahaan Twitter berjanji untuk, "merubah cara orang dalam menelusuri musik, berdasarkan Twitter," tertulis di blog resmi Twitter. Oleh sebab itu, mari kita membuka mata, apa fungsi sebenarnya dari aplikasi Twitter #music ini?
Berbeda aplikasi musik lainnya, seperti yang telah tertulis di atas, aplikasi ini menyimpan data pengguna Twitter. Data seperti apa? Data orang-orang yang mengetik #NowPlaying di linimasa. Dengan data tersebut, Twitter mengumpulkan dan memasukannya ke dalam aplikasi tersebut agar orang-orang seperti kita dapat melihat siapa sajakah musisi yang sedang populer saat ini.
Tidak hanya itu, Twitter pun mencerna data tweet yang selalu kita ketik dengan hashtag #NowPlaying, sehingga aplikasi ini dapat memberikan daftar "Suggested" berdasarkan musik yang kita dengar. Selain itu, kamu pun dapat melihat selera musik orang-orang yang kamu follow, dan, apabila kamu tertarik dengan salah satu musisi yang mereka sarankan, maka klik avatar-nya, dan kamu bisa langsung follow musisi tersebut; atau ingin mendengarkan lagu-lagunya? Kamu bisa menekan gambar Play yang ada di sudut kiri bawah layar, dan dengan bantuan dari iTunes, Spotify dan Rdio (membutuhkan log-in akun), kamu dapat menikmati lagunya
Mudah kata, aplikasi ini diciptakan khusus untuk menelusuri musik yang sebelumnya pernah kita dengar.
Lalu, apa keuntungan bagi para musisi?
Bagi musisi seperti Justin Beiber, Lady Gaga, atau Katy Perry, mungkin mereka tak terlalu mempermasalahkan angka followers, sebab mereka memiliki followers paling banyak di Twitter. Tetapi, bagi musisi baru seperti PSY yang dalam urutan Top 10 Followers saja tidak masuk, adalah hal yang sangat diharapkan baginya untuk menambah angka followers.
Apalagi bagi para musisi baru yang namanya saja belum pernah kita dengar, apalagi lagunya. Bayangkan, jika ada temanmu yang tweet, "#NowPlaying The Black Keys", dan kamu bertanya-tanya, "Siapa The Black Keys? Seperti apa Lagunya?" dengan mudah kamu tinggal klik dan mengikuti cara-cara yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Dan ternyata kamu suka, dan kamu follow akun Twitter milik band tersebut, lalu band The Black Keys mempromosikan konsernya yang akan dilaksanakan di kota tempat tinggalmu melalui Twitter, kemudian dengan mudahnya kamu terayu oleh mereka dan langsung membeli tiket konsernya. Bagaimana jika ada 1000 orang yang seperti kamu? Dan 1000 tiket pun akan terjual dengan mudah. Contoh tadi adalah sebuah keuntungan tak langsung yang didapat oleh musisi tersebut. Praktis.

Jadi, tidak hanya bisa streaming, ataupun menjual lagu, namun fungsi yang ada di aplikasi 'Twitter #music' ini melebihi semuanya. Bagaimana pendapatmu?

No comments

Powered by Blogger.