Childhood Heroes


Sosok pahlawan di masa kecil
Tokoh-tokoh yang sukses menjadi idola Anda sejak kecil.
Pengakuan beberapa pria mengenai idola dan imajinasinya di masa kecil.
Jagoan masa kecil? Saya yakin Anda semua pasti memiliki sosok jagoan masa kecil. Lupakan sejenak persoalan dunia pria dewasa yang mungkin membuat Anda cukup pusing dan menyita perhatian Anda. Mungkin kita bisa mengingat masa kecil kita yang mayoritas dipenuhi dengan acara-acara tv yang seru dan membuat kita tidak ingin ketinggalan satu episode pun. Apalagi di hari Minggu, mungkin Anda masih ingat ketika Anda selalu ingin bangun pagi-pagi hanya untuk menonton sederetan acara tv yang Anda gandrungi.
Apa yang Anda tonton pastinya akan mempengaruhi daya imajinasi Anda. Bisa jadi imajinasi yang positif, bisa jadi negatif jika terlalu berlebihan. Memang pastinya akan dimaklumi, sebagai seorang anak kecil. Tetapi apakah hal tersebut masih terasa hingga saat ini? Hal-hal memorable seperti kejadian-kejadian lucu atau unik pastinya akan terus terekam dalam memori Anda, yang mungkin bisa Anda ceritakan kepada pasangan atau kawan terdekat Anda sebagai salah satu memori yang tak terlupakan dalam kehidupan Anda.
TalkMen mencoba menanyakan hal ini kepada beberapa pria di bilangan Jakarta untuk sedikit menguak cerita di masa kecil mereka. Mulai dari jagoan favoritnya di masa kecil, pola pikir mereka, hingga kebiasaan aneh yang muncul karena daya imajinasi mereka terhadap jagoan favorit mereka. Sekedar untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Kamen Rider Black

Di Indonesia dikenal dengan nama Ksatria Baja Hitam.
Sumber: mercadolivre.com
Siapa yang tidak tahu tokoh pahlawan yang satu ini? Seorang pria gagah asal Jepang bernama Kotaro Minami yang bisa berubah menjadi seorang pahlawan berjubah hitam dengan mata merah bernama Kamen Rider Black atau Masked Rider Black, khusus di Indonesia, kita mengenal sosoknya dengan nama Ksatria Baja Hitam yang mengendarai belalang tempurnya.
Lalu muncul juga sekuel dari Ksatria Baja Hitam, yaitu Ksatria Baja Hitam RX, dimana tokoh ini juga tetap diperankan oleh Kotaro Minami yang legendaris. Dengan jubah dan senjata yang berbeda, pastinya juga akan menimbulkan imajinasi yang berbeda saat Anda melihat tokoh pembela kebenaran yang satu ini. Walaupun serial Kamen Rider masih terus berlanjut sampai sekarang, saya rasa tidak ada yang mengalahkan Kamen Rider Black yang memang merupakan generasi pertama dari serial Kamen Rider dan menjadi titik yang memiliki daya tarik dan daya jual tertinggi dibanding serial Kamen Rider yang lain.
"Gue suka banget sama Kotaro Minami. Dia selalu tampil cool, nggak banyak omong, tapi dia hebat. Penampilan Kotaro juga berimbas ke gue. Gue dulu pengen banget ke sekolah pakai sepatu boot, biar mirip sama Kotaro Minami."
-Ryan, 22 Tahun-

Mighty Morphin Power Rangers

Gabungan kelima kendaraan mereka menjadi ciri khas tersendiri.
Sumber: powerrangers.wikia.com
Lima pahlawan ini pasti juga menjadi salah satu favorit Anda. Bertemu dengan Jason, Kimberly, Zack, Billy, dan Trini di hari minggu pastinya jadi agenda yang tidak bisa Anda tinggalkan. Dengan kekuatan yang hebat dan keunggulan mereka dengan menggunakan robot bernama Megazord, ketangguhan grup pahlawan yang satu ini memang tidak tergantikan.
Muncul juga seorang tokoh baru bernama Tommy, seorang ranger berwarna hijau yang awalnya merupakan musuh mereka. Akhirnya Tommy bergabung dan menjadi leader bagi para ranger menggantikan posisi sang ranger merah. Transformasi Tommy menjadi ranger putih juga menjadi daya tarik tersendiri. Memang susah jika harus membahas tentang sekumpulan jagoan yang satu ini.
"Alesan gue nonton Power Rangers itu karena gue suka banget sama karakter Kimberly si ranger pink yang cantik banget di jamannya. Ya, versi bulenya Meriam Bellina gitu, bro! Maklum, selera gue emang agak lawas. Hehehe.."
–Angga, 29 Tahun-

Ultraman

Salah satu super hero yang memiliki banyak karakter.
Sumber: lasertimepodcast.com
Jika saya harus membahas Ultraman terlalu dalam, saya yakin tidak akan cukup untuk menuliskannya dalam waktu satu atau dua hari. Ultraman yang mulai mengudara sejak tahun 1966 memang memiliki banyak sekali karakter yang terus menerus berkembang, bahkan hingga sekarang. Salah satu karakter yang terus bertahan di industri film superhero Jepang seperti layaknya Kamen Rider.
Ultraman sendiri di Jepang menjadi salah satu ikon terkenal yang bahkan masuk menjadi salah satu fenomena budaya di Jepang. Kesuksesan Ultraman di Jepang bahkan sempat mengalahkan Marvel dan DC yang begitu superior di Amerika Serikat. Karena pada awal kemunculannya, Ultraman menawarkan sebuah bentuk visual baru mengenai superhero, yaitu raksasa dengan tinggi 40 meter!
"Waktu gue kecil, gue pengen banget jadi pilot pesawat tempur, dan gue juga pengen jadi pahlawan super kaya Ultraman. Enak kali ya bisa nginjek-nginjek gunung, nendang-nendang gedung. Hahaha.."
–Rendi, 24 Tahun-

Dragon Ball Z

Action figure-nya banyak dicari oleh para kolektor.
Sumber: fanpop.com
Para manusia super dari planet Saiya yang akhirnya menjadi para juru selamat bagi bumi dari serangan-serangan para penjahat super juga pantas dijadikan idola. Siapa yang tidak terkesima melihat aksi Son Goku atau Vegeta (Bezita) di Dragon Ball? Komik karya Akira Toriyama yang dibuat sejak akhir 1984 ini berhasil menarik banyak perhatian dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Kartunnya pun mulai disiarkan di Jepang pada tahun 1989, dan mulai disiarkan di salah satu stasiun tv lokal pada pertengahan 90'an.
Dragon Ball Z yang juga menyuguhkan sebuah bentuk jagoan baru sukses menarik perhatian banyak kalangan tanpa mengenal usia. Banyak sekali orang dewasa yang juga tertarik dengan jalan cerita yang dibuat oleh Akira Toriyama tersebut. Dimulai dari perjalanan Son Goku sejak kecil hingga menjadi dewasa dan memiliki keluarga. Kemampuan para penghuni planet Saiya yang bisa merubah menjadi kera raksasa saat melihat bulan purnama dan juga bisa berubah menjadi manusia kuat berambut kuning bernama Super Saiyan menjadi sisi menarik tersendiri bagi para penggemarnya.
"Sampai sekarang gue masih jadi penggemar beratnya Son Goku dkk. Dari kecil gue hobi banget beli mainan Dragon Ball Z, dan kebetulan masih ada sampai sekarang. Dari sekitar 4 tahun yang lalu, gue mulai ngumpulin action figures Dragon Ball lagi yang emang sukses bikin gue ketagihan."
–Bima, 27 Tahun-

Doraemon

Tontonan wajib di Minggu pagi.
Sumber: nirhara.com
Doraemon, si robot kucing masa depan yang dikirim melalui mesin waktu untuk menolong Nobita dan teman-temannya juga merupakan salah satu favorit di era 90'an. Sosoknya yang baik hati dan bisa mengeluarkan alat-alat unik tentunya menimbulkan imajinasi tersendiri. Plot cerita dari Doraemon juga menarik dan menyenangkan, dengan latar belakang kehidupan seorang anak SD bernama Nobita, anak malas yang sering mengeluh tetapi tidak mau berusaha.
Ternyata Doraemon masuk dalam jajaran sosok "jagoan" dari survei yang diadakan oleh TalkMen. Salah satu jawaban unik ini dilontarkan dengan alasan yang unik, walaupun cukup galau. Ini membuktikan bahwa imajinasi mengenai sosok robot kucing berwarna biru ini tidak hanya hinggap pada otak anak-anak, tetapi tetap melekat sampai anak tersebut beranjak dewasa.
"Gue pilih Doraemon sebagai sosok pahlawan masa kecil gue. Kalo boleh berkhayal, mungkin aja gue bakalan berharap ada mesin waktu di laci meja kerja gue yang bisa gue pakai buat kembali ke masa lalu. Maybe I'll fix a lot of things, starts from my career, and also my relationship, maybe.. "
-Alan, 28 Tahun-
Ya, setiap orang memang memiliki pilihan dan sudut pandang yang berbeda. Tetapi memang tidak bisa kita pungkiri bahwa kita pasti memiliki sisi-sisi tersendiri yang pastinya akan sulit untuk hilang dari pikiran kita, terutama di masa-masa kecil yang menyenangkan. Sesuai dengan tujuan TalkMen membuat serangkaian survei ini, yaitu untuk kembali membangkitkan kembali bagian-bagian dari masa lalu kita yang mungkin sedikit terlupakan karena kesibukan kita sebagai pria dewasa. Asalkan jangan sampai terjebak di masa lalu.

No comments

Powered by Blogger.