PlayStation 4, Another Futuristic Console


Sony menggebrak dunia game dengan PlayStation 4
Pesaing berat dari Xbox One telah lahir.
Rahasia yang selama ini ditutup erat oleh Sony akhirnya terkuak untuk publik.
Sony, perusahaan elektronik ternama asal Tokyo, Jepang ini akhirnya kembali membuat sebuah gebrakan dalam dunia game. Sony yang sepanjang tahun ini santer diberitakan dengan konsol terbarunya, akhirnya menunjukkan batang hidung dari konsol yang selama ini mereka rahasiakan bentuknya, yaitu PlayStation 4.
Sony mengatakan bahwa PS4 bukanlah suksesor dari PS3, melainkan sebuah generasi baru dari dunia konsol game yang memang terkesan futuristik. Bersama Xbox One yang diciptakan oleh Microsoft, PS4 siap untuk menggebrak dunia masa depan dengan teknologi canggih yang mereka miliki.
Jika kita kembali mengingat acara peluncuran PS4 pada awal tahun 2013 silam, Sony tidak memperlihatkan bentuk dari PS4 sama sekali kepada publik. Hal tersebut membuat tanda tanya besar, dimana banyak publik yang mengira bahwa Sony sama sekali tidak ingin bentuknya ditiru oleh Xbox. Banyak juga yang beranggapan bahwa Sony belum memiliki desain yang sempurna untuk PS4. Sony juga dinyatakan 'kecolongan' dengan Xbox One yang akhirnya muncul lebih dulu setelah awalnya dikabarkan akan muncul pada akhir tahun ini.

Sumber: digitaltrends.com
Dari segi tampilan, saya akui PS4 memang cukup mumpuni untuk mewakili suatu bentuk konsol next-gen bersama dengan Xbox One. Dengan bentuk yang lebih tegas, PS4 berani menghilangkan lekukan-lekukan dalam bentuknya seperti yang dilakukan oleh Xbox One di mana dilengkapi dengan garis tengah yang menjadi pembatas dalam bentuk konsol PS4. Bedanya, garis di tubuh PS4 lebih mengarah ke kiri, berbeda dengan Xbox One yang garis tengahnya berada tepat di tengah.
Dual-Shock 4 juga menjadi daya tarik tersendiri untuk PS4, di mana joystick yang akan menemani PS4 ini tampil dengan penampilan yang menawan. Memang Sony tidak menghilangkan ciri khas dari joystick mereka sendiri. Bisa kita lihat, Dual-Shock keluaran pertama hingga sekarang memang tidak memiliki bentuk yang berbeda. Hanya saja mulai di Dual-Shock 3, Sony menerapkan teknologi wireless dan pastinya teknologi tersebut dipakai untuk Dual-Shock keluaran selanjutnya, yaitu Dual-Shock 4.

Sumber: hothardware.com
Joystick ini juga memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi. Anda akan melihat sebuah touchpad pada bagian tengah stick ini yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu fasilitas dari Dual-Shock 4. Bukan hanya itu saja, Dual-Shock 4 juga memiliki speaker internal dan juga tombol share. Dengan tombol ini, Anda bisa meng-capture hasil permainan Anda dan membagikannya kepada teman-teman Anda. Menarik, bukan?
Dari segi bagian dalam konsol, Sony menawarkan sesuatu yang fantastis kepada para calon pembelinya. PS4 dilengkapi dengan prosesor rakitan AMD 8-core "Jaguar" dan juga VGA dari Radeon. Dikombinasikan juga dengan RAM GDDR 5 sebesar 8 GB. "Isi" yang sangat menarik dari Sony, dimana mereka juga memberikan sebuah kelengkapan bagi PS4 berupa Blu-ray drive dengan kecepatan 6x, dan tidak ketinggalan hard disk internal bagi si kotak hitam ini.

Sumber: playstation.com
Pengalaman bermain yang sangat berbeda pastinya akan kita dapatkan dengan konsol ini. Satu poin unik dari Sony, dimana mereka menciptakan sebuah alat bernama Playstation Eye yang memiliki fungsi yang sama dengan Xbox Kinect. Playstation Eye dilengkapi dengan dua buah kamera yang terlihat seperti "mata" dan juga empat buah mikrofon, yang berguna untuk mendeteksi gerakan dan juga suara Anda.
Menarik? Memang sangat menarik. Dengan tampilan dan fitur seperti ini, PS4 dinyatakan pantas untuk berdampingan dengan Xbox One untuk sama-sama membentuk sebuah basis konsol next-gen di masa depan nantinya. Saya sendiri yakin bahwa PS4 akan menciptakan persaingan yang berat dengan Xbox One, dimana PS4 memiliki harga $399 USD, yang hanya terpaut $100 USD dari harga Xbox One. Which one that will be your gaming partner? Or maybe both of them?

1 comment

The Geeks said...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Powered by Blogger.