Ponsel Legendaris Paling Populer di Era 90an


Handphone legendaris era 90an
Siapa yang tak mengenalnya?
Beberapa alat telekomunikasi ini pernah menjadi sahabat setiap orang melalui masa mudanya.
Sebelum muncul era smartphones dengan berbagai sistem operasi yang sangat canggih, kita lebih mengenal telepon seluler atau handphone dengan teknologi yang sangat simpel dan mungkin terkesan lucu jika kita lihat sekarang. Jangankan sistem operasi cepat dengan grafik tinggi atau konektivitas ke jaringan internet, bahkan kita sempat melewati zaman di mana layar handphone serupa permainan tetris.
Masa-masa tahun 90an memang menjadi masa kejayaan telepon genggam, sekitar akhir 90an merupakan masa dimana telepon genggam menjadi semakin booming dan mulai menjadi barang wajib bagi siapapun. Penguasa pada masa itu jelas Nokia, perusahaan telepon selular asal Finlandia yang banyak menelurkan puluhan tipe telepon untuk segmen yang berbeda-beda. Selain Nokia, kita juga mengenal beberapa merek seperti Ericsson (sebelum bergabung dengan Sony), Siemens dan Motorolla. Berikut ini adalah handphone paling ikonik yang akan membuat Anda mengenang masa lalu Anda dan melihat bagaimana pesatnya perkembangan teknologi di dunia saat ini.

Nokia 5110

Inilah handphone sejuta umat di Jakarta pada akhir 90an hingga awal 2000an. Casing handphone yang warna-warni dan dijual dimana saja, baik asli maupun KW (alias palsu) menjadi pilihan banyak orang terutama kalangan muda. Dengan fitur yang super sederhana, kemudahan bergonta-ganti casing menjadi salah satu keunggulan telepon ini. Oh ya, jangan lupa, casing yang bisa digonta-ganti bukan seperti casing sekarang yang digunakan untuk smartphone Anda lho. Anda pasti ingat yang dimaksud dengan istilah "ganti casing" di era 5110 adalah mengganti warna full-body telepon tersebut. Mungkin yang paling spesial dari Nokia 5110 adalah Snake. Snake merupakan game ponsel yang paling populer pada masa itu, jauh sebelum hadirnya permainan Angry Birds dan Temple Run saat ini.
Kemudahan Nokia 5110 untuk bergonta-ganti cover menjadi daya tarik tersendiri.
Sumber: .publimetro.co

Motorolla Startac

Motorolla Startac merupakan "kakak" dari Motorolla Razr yang menjadi salah satu primadona dari Motorolla. Startac merupakan salah satu handphone paling bersejarah yang pernah ada, selain menjadi pionir untuk handphone berbentuk flip, Startac juga merupakan handphone pertama di dunia yang mempunyai fitur vibrate atau getar. Startac juga mengecap sejarah sebagai ponsel yang paling stylish dulu karena modelnya yang cukup futuristik pada eranya dulu.
Motorolla Startac, ponsel pertama yang dilengkapi dengan fitur getar.
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Nokia 8110

Siapa yang tak kenal istilah "Nokia pisang"? Inilah salah satu tipe ponsel Nokia 8110 yang paling dikenal, selain bentuknya yang unik, kurang lebih menyerupai pisang. Nokia 8110 juga pernah ikut tampil dalam film The Matrix yang juga sangat booming pada waktu itu. Sama seperti Nokia tipe-tipe lainnya, tidak ada yang terlalu spesial dari tipe 8110 di mana display yang masih belum berwarna, permainan snake, dan hanya dapat digunakan untuk sms dan telepon. Rilis pertama kali pada tahun 1996, tipe ini adalah tipe seri 8 dari Nokia yang merupakan ponsel kelas atas.
Nokia 8110 dijuluki 'Nokia pisang' karena bentuknya yang unik.
Sumber: remont-sotovyh-telefonov.spb.ru 

Nokia 9000 Communicator

The father of all smartphones. Tampaknya inilah smartphones pertama di dunia, sudah dilengkapi dengan berbagai fitur moderen (dulu). Ponsel yang satu ini merupakan andalah para eksekutif di dunia saat itu. Secara fisik ponsel yang pertama kali keluar pada 1998 ini sangat besar dibanding ponsel-ponsel lainnya yang hadir di pasaran. Nokia 9000 communicator juga memiliki layar display besar yang tersembunyi. Fitur-fitur yang ditawarkan ponsel ini juga cukup mumpuni, layanan seperti e-mail dan kemampuan mengirim faks sangat revolusioner pada akhir 90an. Selain itu juga 9000 communicator juga merupakan ponsel pertama yang memiliki layanan internet.
Smarphone pertama di dunia.
Sumber: yokoku.files.wordpress.com  

Ericsson T10

Selain Nokia 5110, Ericsson T10 juga menjadi ponsel yang sangat populer bagi masyarakat muda. Memiliki  lima pilihan warna yang cerah yaitu kuning, biru, ungu, merah muda, dan toska. Model fisik flip dan sudah dilengkapi kemampuan vibrate menambah kelengkapan ponsel ini. Ericsson juga mempunyai reputasi baik tentang fisik ponsel yang kuat dan tidak mudah tergores, tak terkecuali seri T10 ini.
Ericson T10 sangat digemari masyarakat muda.
Sumber: e-zones.net 
Jika kita bandingkan dengan ponsel-ponsel yang kita miliki sekarang, lima ponsel legendaris di atas jelas bukan apa-apa, mulai dari fitur yang ditawarkan hingga bentuk fisik yang sangat simple dan kurang menarik. Namun ada beberapa hal yang patut dicatat, ponsel-ponsel dulu cenderung lebih kuat dibanding gadget-gadget moderen saat ini. Jika kita perhatikan, kasus baterai bocor, LCD bermasalah, baret-baret tipis pada display, bukan merupakan masalah bagi yang pernah merasakan masa kejayaan handphone ini. Bahkan beberapa smartphone yang populer saat ini tidak memiliki kekuatan baterai yang kuat, memang begitu banyak fitur yang ditawarkan seperti layanan internet, kamera, dan lain-lain, namun kebanyakan memiliki kekuatan baterai yang cenderung menyedihkan dibanding ponsel lama. Selain itu, kebanyakan smartphones jika digunakan secara intens akan kehabisan tenaga hanya dalam satu hari, sementara ponsel lama tidak perlu Anda charge selama 2-3 hari. Ya begitulah, meski sudah termakan usia, ponsel-ponsel legendaris tersebut juga memiliki beberapa aspek positif, dan yang pasti mereka akan terus menjadi legenda perkembangan teknologi.

No comments

Powered by Blogger.