Teori Konspirasi yang Menghebohkan Dunia Musik


Cerita aneh yang mengitari industri musik dunia Enam cerita menghebohkan dari para selebriti. Illuminati adalah pembahasan yang paling sering diangkat.Anda mungkin memiliki cita-cita sebagai musisi. Alright, who isn’t? Terkenal, dapat menghibur orang dengan cara sendiri, belum lagi iming-iming harta yang melimpah. Namun tahukah Anda bahwa industri musik dan dunia selebriti sebenarnya tidak sesederhana itu, karena selalu ada rumor dan kabar tidak baik yang menghiasi dunia tersebut. Berikut beberapa rumor dan teori konspirasi terkenal yang sempat menjadi perbincangan hangat:

Illuminati mengatur industri musik dunia

The rumour : Membahas tentang teori konspirasi tidak akan lengkap tanpa adanya topik tentang Illuminati. Rumor dan cerita tentang sekte rahasia ini memang selalu menjadi pembicaraan hangat selama bertahun-tahun. Para penggemar teori konspirasi bahkan telah menetapkan beberapa nama yang diduga sebagai pengikut dari Illuminati, seperti Jay Z, Rihanna, Lady Gaga, Led Zeppelin, Eminem dan sederet nama besar lainnya.
Truth or hoax? : Tidak ada bukti kuat tentang keberadaan sekte ini walaupun beberapa bukti yang ditampilkan berjumlah sangat banyak. Terkadang tanda-tandanya memang terlihat jelas, namun bukti solid atau saksi kuat belum mengungkap kebenaran tentang Illuminati. Para musisi yang memasuki daftar ini sendiri banyak yang menjawab pertanyaan tersebut seraya tertawa.

Bunuh diri yang dipalsukan

The rumour : Pembahasan ini akan membawa Anda pada daftar bersejarah bernama Club 27, yang merupakan angka sakral kematian banyak musisi dunia. Apa yang salah dalam daftar ini? Contoh bisa diambil dari dua musisi era berbeda yaitu Jimi Hendrix dan Kurt Cobain. Keduanya yang sama-sama dikabarkan tewas karena bunuh diri dihiasi dengan adanya rumor bahwa mereka sebenarnya adalah korban pembunuhan. Mike Jeffrey yang merupakan manajer Hendrix disebut sebagai pelakunya. Sedangkan dalam kasus Cobain, sang istri Courtney Love dituduh bertanggung jawab atas tewasnya Kurt Cobain. Kabar yang lebih gila mengatakan bahwa pembunuh Cobain adalah CIA.
Truth or hoax? : Manajer lain dari Jimi Hendrix, Bob Levine mengatakan bahwa rumor ini adalah kebohongan besar. Ia berani menjamin bahwa Mike Jeffrey bukanlah pembunuh seperti yang dikatakan banyak pihak. Levine bahkan mengatakan bahwa Hendrix sedang tidak bersama siapa pun di hari kematiannya. Sedangkan untuk kasus Kurt Cobain, belum ada bukti konkrit yang menjelaskan semua detail secara pasti. Courtney Love mengatakan bahwa ia pernah menyewa seorang detektif untuk menyelidiki kematian suaminya, namun hasilnya nihil.

Pesan aneh di balik sebuah lagu

The rumour : Anda tentu saja familiar dengan lagu Stairway to Heaven milik Led Zeppelin. Namun pernahkah Anda mencoba mendengarkan lagu tersebut secara terbalik. Mungkin instrumennya akan terdengar aneh, namun potongan liriknya terdengar cukup jelas. Kalimat yang dapat Anda temukan antara lain adalah sesuatu yang terdengar seperti pemujaan untuk setan dengan pujian seperti: "my sweet Satan". Dan ternyata Led Zeppelin bukanlah satu-satunya band yang memiliki lagu dengan pesan tersembunyi di dalamnya. Anda bisa mendengarkan lagu One Bites The Dust milik Queen yang jika diputar secara terbalik, maka Anda akan mendengar kalimat yang berbunyi "it’s fun to smoke marijuana".
Truth or hoax? : Eddie Kramer, audio engineer dari Led Zeppelin mengatakan bahwa rumor ini adalah hal yang konyol dan bodoh karena mereka tidak pernah membuang waktu untuk hal seperti itu. Sang vokalis Robert Plant pun mengiyakan pendapat Kramer dalam wawancaranya bersama majalah Musician di tahun 1983. Untuk Another One Bites the Dust milik Queen, terdengar sedikit konyol karena lirik terbaliknya sendiri terdengar sedikit tidak jelas. Sebaliknya, para ahli jantung di Inggris menggunakan lagu ini sebagai pembantu latihan pemberian CPR karena temponya yang sempurna.

The White Stripes adalah kakak beradik

Selama tujuh tahun, media percaya bahwa kedua personil The White Stripes adalah kakak beradik dengan bakat luar biasa. Namun ternyata, tidak banyak yang tahu bahwa mereka sebenarnya adalah sepasang suami istri yang menikah sejak tahun 1996. Hal ini sangat istimewa, karena Jack dan Meg mampu menjaga rahasia mereka dengan aman tanpa diketahui pihak pers manapun. Namun apa alasan Jack White menjaga pernikahan mereka sebagai rahasia? Ia mengatakan: "Ketika Anda ingin membuat sebuah project music, Anda tidak akan ditanggapi secara serius jika project tersebut dijalankan oleh sepasang suami istri". Jack dan Meg masih mengaku sebagai kakak beradik bahkan setelah mereka bercerai pada 1999. Ketika semuanya terungkap, The White Stripes menjadi headline di banyak media terkenal di seluruh dunia.

Menjual jiwa pada setan

The rumour : Kisah paling terkenal tentang hal ini adalah kejadian yang menimpa sang maestro blues, Robert Johnson. Ia awalnya tidak dikenal banyak orang dan selalu dicemooh ketika mencoba memainkan lagunya di beberapa bar. Johnson kemudian menghilang selama beberapa bulan sebelum akhirnya kembali dengan membawa skill yang luar biasa. Ia mampu membuat musisi lain tunduk dan wanita lain memuja skillnya sebagai seorang musisi blues. Apa yang terjadi pada Johnson ketika ia menghilang? Rumor mengatakan bahwa ia pergi ke Arkansas untuk mempelajari teknik pada seorang master. Namun rumor lain lebih terkenal mengatakan bahwa Johnson pergi ke suatu tempat bernama Crossroads untuk menukar jiwanya pada setan demi kemampuan mumpuni untuk menjadi musisi blues handal.
Truth or hoax? : Keberadaan tempat bernama Crossroads tidak pernah diketahui secara pasti walaupun sebuah monumen dibuat di Route 61 dan Route 49 Mississippi untuk mengenang legenda tersebut. Tidak sedikit yang percaya bahwa kemampuan Robert Johnson adalah hasil kerja keras dan latihan rutin, but who knows?

Gangsta rap dibuat untuk memenuhi penjara

The rumour : Sebuah blog bernama Hip Hop is Read pernah mem-posting tulisan yang langsung menyebar ke seluruh penjuru internet. Dalam tulisan tersebut tertulis bahwa sebuah pertemuan rahasia yang dihadiri oleh 25 hingga 30 tokoh ternama dalam industri musik akhirnya memutuskan untuk membuat genre baru agar tahanan dalam penjara semakin banyak. Gangsta rap diciptakan, dan semakin bertambahnya tingkat kriminalitas akan membuat kredibilitas penjara yang saat itu menjadi usaha bisnis tertentu ikut menanjak.
Truth or hoax? : Melihat dari segi lirik gangsta rap yang sering membahas senjata, obat-obatan dan hal lain seperti itu, mungkin rumor ini masih bisa dianggap masuk akal. Namun tetap saja, tulisan tanpa identitas tersebut akhirnya dianggap sebagai kebohongan belaka. Alasannya adalah sistem hukum di AS pada tahun 80an dan 90an sudah melakukan pekerjaan bersih untuk hal-hal seperti ini. Mereka tidak butuh gangsta rap hanya sekedar untuk membuat pemasukan mereka bertambah.

No comments

Powered by Blogger.