Bagaimana Menjadi Penyanyi Dangdut Profesional




Pasti ada dari kamu yang udah selesai sekolah, kuliah juga udah rampung, tapi masih bingung cari kerjaan yang cocok. Kerjaannya mondar-mandir, browsing-browsing di rumah. Orang tua udah berkicau tiap hari ‘mengajak’ kamu buat buru-buru kerja. Pala jadi mumet, lowongan kosong, semua udah pada padet. Mau yang gajinya oke, tapi kerjaannya ribet. Yang gampang, gajinya cuma ninggalin debu di dompet.

Pas lagi riweuh-riweuh-nya, kamu jalan-jalan, nonton TV, kamu mulai mikir. Kenapa ya gak jadi penyanyi dangdut aja? Indonesia kan asal-muasalnya dangdut, udah gitu kayaknya gampang deh jadi tenar. Apalagi kalo cewek, seksi, suara pas-pasan juga bisa.

Tapi tunggu dulu, untuk menjadi tenar gak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi tangannya lumpuh. Apa aja sih yang perlu kamu jalanin menuju seorang penyanyi dangdut pro?

Kita udah nyiapin beberapa materi yang harus kamu siapin nih, perhatiin yah..

1. Motivasi

Nah, untuk menjadi penyanyi dangdut yang oke, kamu harus punya pondasi yang kuat dulu. Kamu harus tau apa yang mendorong kamu buat jadi penyanyi dangdut. Biar kamu entar gak angin-anginan, kayak kipas. Kipas angin-anginan.

Jadi... nantinya, ketika kamu udah menjadi penyanyi dangdut, kamu bisa tetep eksis. Gak cuma eksis di satu-dua lagu aja, abis itu ilang  kaya angin, angin kentut. Baunya sengit, tapi cepet pudar.

2. Nama Grup

Kalo kamu mau menjadi seorang penyanyi dangdut, tentunya kamu harus punya nama panggung dong. Dilihat dari tren sekarang, memilih nama buat penyanyi dangdut tidak lagi menjadi sulit. Kamu tinggal ikutin aja rumus umumnya.

Nama Grup = (Jumlah anggota) + (Nama Binatang Kesayangan)
Jadi misalnya, kamu berempat, dan kamu suka tokek maka kamu akan memiliki nama grup Empat Tokek.

Kalo kamu suka yang lebih ‘rawr’ gimana gitu, kamu bisa make nama-nama binatang yang lebih mungil, misalnya, Empat Undur-Undur. Menarik sih...

Kalo kamu lebih suka untuk main tunggal, gak usah khawatir karena masih ada rumusnya juga.

Nama Penyanyi = (Nama Panggilan) + (Kata Sifat)
Diusahakan untuk menggunakan kata sifat yang agak gimana gitu, biar orang lebih berusaha untuk menebak-nebak seperti apa sih kepribadian kamu...

Pilihan kata sifat: Bohay, Gelo, Semok, Ding-Dong, Moy-Moy, Goji, Tuing-Tuing, Aduduh, dll.
Contohnya: Anyep Moy-Moy, Ling-ling Aduduh.

3. Gerakan Spesial

Setelah kamu memilih nama panggung yang akan kamu gunakan, kita akan beralih ke ‘gerakan’ spesial apa yang menjadi ciri khas kamu. Tau kan, kalo dangdutan gak pake goyang jadi apa? Ya jadi diem aja.

Gak usah bingung sama jenis goyangan yang akan kamu pake. Yang penting, kamu tau dulu arti kata goyang. Goyang adalah perubahan kedudukan baik sekali maupun berkali-kali. Jadi kalo kamu ngupil, itu goyang. Kalo kedip, itu goyang. Banyak kan goyangan yang bisa kamu lakuin?

Nama goyangan ini juga harus dipilih sematang mungkin. Misal, kamu ingin pake goyangan ngupil. Jangan semata-mata langsung kamu pake nama itu. Namanya bisa juga kamu rubah jadi, goyangan Meraih Butiran Hidung.

Nah, setelah kamu punya goyangan, nama si goyangan ini bisa kamu mix sama nama panggung kamu. Dengan rumus sebagai berikut:

Nama  Penyanyi =  (Nama Panggilan) + (Kata Sifat) + (Nama Goyangan)
Misal: Anyep Moy-Moy Meraih Butiran Hidung. Tapi biar gak kepanjangan bisa disingkat jadi Anyep Moy-Moy Meraih BH. Indah...

4.Judul-judul lagu

Materi selanjutnya yang harus kamu siapin sebagai penyanyi dangdut pro adalah kumpulan lagu yang mateng. Saat ini, lagu-lagu yang beredar kalo kamu perhatiin baik-baik ada pakemnya. Jadi kamu gak perlu repot-repot untuk mikirin lagi.

Untuk nyiptain lagu, ada 2 hal yang bisa kamu gunain sebagai referensi. Ada yang menggunakan hal-hal yang sedang ‘happening’ di khalayak umum, seperti SMS, Di-reject, Wasap Dong...!, dll.

Gak lupa hal-hal cinta-cintaan juga wajib kamu masukin seperti, Cinta 5 angkah, Aku Bete, Lagi-Lagi Miskol.

Bisa juga kamu ngomongin orang yang bisa fiktif, bisa juga beneran, seperti Bang Toyib, Bang Togar, Bang Bing Bung... yok kita nabung.

Jangan lupa juga tambahin kata-kata yang bikin lebih greget kayak.. Ah..Ah..Ah!, Uochh.. Uochh.. Uochh!, Kyaa kyaa kyaa, dll.

Setelah tau lagunya, jangan lupa juga buat latih teknik vokal kamu. Terutama belokan tajem yang selalu ada di lagu dangdut, biasanya disebut cengkok. Kalo gak ada cengkoknya ini, nanti lagu kamu datar-datar aja kaya tipi jaman sekarang. Latih  cengkoknya tiga kali sehari pas mandi sama sikat gigi yah.

5. Upload Video Perdana

Nah, langkah terakhir adalah meluncurkan video kamu nyanyi untuk pertama kalinya ke hadapan publik. Jangan lupa untuk bikin sensasi, seakan-akan lagu kamu gempar di mana-mana.

Caranya cukup mudah, cukup buka link video kamu di setiap warnet yang kamu temui, tapi jangan di-close. Langsung tinggalin aja, terus bayar. Selain itu kamu juga harus sering-sering mintain video kamu buat diputer di tukang-tukang DVD setempat. Biar makin eksis gitu.. Selipin goceng aja.

Nah, semua ini kamu lakuin dengan rutin, sampe ada media yang ‘ngeh’ sama kamu. Jangan lupa banyak doa minta berkah juga ya.

Nah, setelah semua ini berhasil kamu lakuin, pesen kita cuma satu, inget Nyunyu Team, bagi-bagi tiket kalo ada konser yah, biar kita dapet yang posisi VIP. Biar bisa goyang bareng gitu... Serrrrr~

Gimana tipsnya? Yakin nih, besok ada yang udah ngelatih cengkoknya...

Sumber : http://www.nyunyu.com/main-article/detail/bagaimana-menjadi-penyanyi-dangdut-pro
 

No comments

Powered by Blogger.