Manfaat Mendengarkan Musik

loovo music: manfaat mendengarkan musik
musik membantu menghilangkan stress
Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Musik bisa menjadi hiburan di waktu luang atau meningkatkan produktivitas saat bekerja.
Namun, musik bukanlah sekedar hiburan. Musik sendiri mempunyai manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, musik juga berkaitan erat dengan kualitas kesehatan seseorang. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari musik.

Salah satu dampak positif musik adalah kemampuannya untuk meredakan stress. Hidup memang penuh dengan masalah dan beban, tetapi tidak setiap saat kita harus menanggung beban tersebut.

Musik bisa menjadi hiburan yang menyenangkan untuk melupakan masalah sejenak dan meredakan stress. Jika jarak rumah Anda ke tempat kerja cukup jauh, Anda perlu mendengarkan musik saat perjalanan. Ya, jalanan macet memang sering membuat frustasi dan musik bisa membantu meredekan stress. Manfaat ini tidak terlepas dari fungsi musik itu sendiri sebagai hiburan.

Musik mampu meredakan stress sekaligus rasa sakit. Musik mempunyai kemampuan untuk melepaskan endorfin yang dipercaya sebagai pembunuh rasa sakit. Selain itu, musik mampu mengalihkan perhatian dari rasa sakit yang sedang kita derita.

loovomusic: manfaat mendengarkan musik
Stress saat bekerja, dengarkan musik
Dengan mendengarkan musik secara rutin, Anda bisa mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk mengendalikan rasa sakit atau depresi akibat rasa sakit tersebut.
Musik tertentu berkaitan erat dengan mood seseorang. Anda bisa mengubah mood Anda dengan mendengarkan musik tertentu. Luangkan sedikit waktu untuk menikmati musik favorit Anda, suasana hati bisa menjadi lebih tenang seketika. Jika dipandang dari segi medis, musik mampu melepaskan hormon dopamin. Hormon ini berkaitan dengan perasaan senang.

Musik juga berkaitan dengan peningkatan daya tahan tubuh seseorang. Musik membantu pelepasan hormon dopamin dan meredakan stress.

Dengan kondisi psikologis yang lebih baik, daya tahan tubuh otomatis meningkat dan tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Sebuah studi juga menyatakan bahwa ada peningkatan 15 persen daya tahan butuh.

Musik mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan sering digunakan sebagai terapi dan mampu memberikan dampak positif  bagi penderita penyakit menahun seperti sakit jantung atau kanker. Musik memang tidak mampu menyembuhkannya secara langsung tetapi bisa digunakan untuk mengurangi stress, rasa cemas, dan tekanan darah.
Mendengarkan musik di tempat kerja bukanlah kebiasaan yang buruk. Dengan musik, pikiran menjadi lebih fokus dan pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih efektif. Tidak sedikit tempat kerja yang membolehkan karyawannya untuk memutar lagu favorit mereka saat bekerja. Musik mempunyai kemampuan untuk merangsang sel otak sehingga otak lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Bagi penderita insomnia, musik mempunyai manfaat yang sangat besar. Sebelum tidur lelap, musik mampu membuat pikiran Anda rileks dan tenang. Sebelum tidur, pikiran kita biasanya terbebani oleh masalah atau stress yang dihadapi saat kerja atau akivitias sebelumnya. Musik mampu mengatasi masalah tersebut.

No comments

Powered by Blogger.