10 Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa

Grunge - Adalah sebutan selengekan untuk sebuah suara menggerung dari gitar elektrik yang populer di awal tahun 90-an dan akhirnya ditetapkan sebagai nama aliran musik. Mari kita kembali pada aksi-aksi yang memulai sebuah revolusi musik dan akhirnya mampu memutar dunia musik di telinganya. Awal tahun 80-an memberi jalan untuk 90-an, ada kebutuhan untuk mengguncang musik dari status quo musik rock, dan suara yang disebut grunge ada di sana tidak hanya untuk mengisi kekosongan, tapi untuk menelan dunia musik secara keseluruhan.

Ini membuka jalan bagi banyak aksi yang sering diabaikan dan semua tiba-tiba, keras bermata, musik berdengung biasanya hanya terdengar di radio sekolah-sekolah akhirnya mendapat jalan masuk ke area yang lebih luas, yaitu publik. Seattle menjadi pusat alam semesta musik, gedung sekolahan menjadi tempat konser berkeringat, dan flanel menjadi pernyataan fashion. Jadi mari kitatengok kembali beberapa distorsi dan menghitung mundur 10 Band Grunge terbaik sepanjang masa:

10. Mudhoney


Mudhoney

Mudhoney, adalah salah satu band grunge yang paling konsisten solid dan abadi. Kelompok ini memiliki akarnya di Green river pada akhir80-an, sebuah band yang banyak disebut sebagai salah satu titik pelopor dari suara grunge. Mark Arm dan Steve Turner muncul dari Green River untuk memulai Mudhoney dan sementara mereka tidak mencapai keberhasilan komersial dari beberapa rekan-rekan mereka, trek seperti ‘Touch Me I’m sick,’ Let it slide’ dan ‘Suck You dry’ menjadi sangat dihormati sebagai lagu kebangsaan grunge pada awal kemunculan aliran musik tersebut. Hits Mudhoney yang paling populer adalah ‘Touch Me I’m Sick’.

9.Hole


Grup band Hole, dengan Courtney Love sebagai vokalis

Butuh beberapa saat bagi grup Hole muncul dari bayang-bayang almarhum suami Courtney Love, Kurt Cobain. Tapi di tahun 1994 lagu ‘Life Trought This” menjadi album yang akhirnya mengantarkan band mereka ke khalayak ramai industri musik. Suara serak Courtney Love yang sangat sempurna di lagu ‘Miss World, ‘ Parts Doll ‘, dan ‘Violet, ” dan meskipun gaung band ini mulai berkembang di tahun 1998 melalui album Skin Celebrity, lagu-lagu dengan judul lagu nan ‘ mengerikan ‘ masih menjadi ciri khas mereka yang memang berakar dari grunge yang notabene diusung oleh almarhum suami sang vokalis Courtney. Hits band ini adalah lagu ‘Miss World’.
8.Mother Love Bone

Mother Love Bone

Bagi banyak orang, terutama para pakar musik, kecemerlangan Bone Mother Love tidak ditemukan sampai setelah band ini mulai menggebrak panggung grunge dengan ciri mereka sendiri. Sayangnya, penyanyi Andrew Wood meninggal karena overdosis obat hanya beberapa hari sebelum rilis disk pertama mereka. Album ini tidak menghasilkan hits favorit grunge seperti ‘Stardog Champion’ dan ‘Crown of Thorn” (bagian intro ‘Chloe Dancer’ akan ditambahkan untuk soundtrack ‘Singles’). Kelompok ini juga penting untuk menjadi cikal bakal Pearl Jam oleh Jeff Ament dan Stone Gossard.

7.Screaming Trees


Screaming Trees

Screaming Trees mulai dilirik para pecinta musik grunge saat mereka melakukan gebrakan besar dengan lagu ‘Nearly Lost You’, tapi band berpengalaman yang baik dalam suara panjang khas mereka ini sempat tenggelam sebelum kebanyakan orang megalihkan perhatian mereka ke grunge. Dipimpin oleh vokal semakin mendalam Mark Lanegan dan bass mengemudi dan bekerja gitar Van bersaudara dan Gary Lee Conner, band ini muncul sebagai salah satu pemimpin gerakan grunge. Sementara lagu ‘Nearly Lost You” menjadi kartu as panggilan mereka, lagu seperti ‘Dollar Bill,’ ‘Shadow of Season,’ dan ‘Bed or Roses’ juga favorit di katalog band.

6.The Melvins


The Melvins

The Melvins, yang dipimpin oleh penyanyi / gitaris dan drummer Buzz Osbourne Dale Crover, dianggap sebagai salah satu pelopor dari apa yang akan menjadi cikal bakal musik grunge, dan dengan demikian mereka layak mendapat tempat di antara 10 Band Top Grunge. Bergerak lambat mereka, suara berjalan dengan susah payah menjadi pengaruh untuk band-band Seattle up yang datang setelah mereka seperti Nirvana dan Soundgarden. Band ini masih akan kuat hari hingga ini, dan lagu-lagu seperti ‘Hooch,’ adalah ‘Honey Bucket’ dan ‘Night Goat’ sekokoh saat mereka muncul.

5.Stone Temple Pilots


Stone Temple Pilots

Bisakah musik grunge tumbuh di luar Seattle? Itulah pertanyaan pada tahun 1992, ketika Stone Temple Pilots yang berbasis di San Diego rocker Temple tiba dengan album mereka ‘Core’, memimpin gelombang kedua grunge. The lead single brutal ‘Sex Type Thing’ memperkenalkan band dan gaya vokal Scott Weiland. Ada juga nomor ‘Plush,’ lagu kedua dengan garis-garis yang berkesan ritmis gitar yang benar-benar membentuk band. Meskipun mereka akan berkembang menjadi sebuah band rock yang lebih lurus ke depan dari waktu ke waktu, para ‘Core’ and ‘Purple” memiliki catatan lagu tegas yang ditanamkan dalam suara grunge.

4.Soundgarden


Soundgarden

Setelah terbentuk di Seattle di era 80-an, Soundgarden akhirnya berhasil menembus pasar musik di tahun 1991 dengan single ‘outshined’, ‘followed by the spirited follow-up’, ’Rusty Cage’. Memadukan unsur grunge di beberapa akar punk mereka, Soundgarden memberikan interpretasi hingar-bingar musik mereka sebelum akhirnya menetap aliran grunge, moodier lebih berjalan dengan susah payah. Penyanyi Chris Cornell bersinar pada hits seperti ‘Spoonman,’ Black Hole Sun ‘, ‘Fell on Black days’, dan Preety Noose’. Soundgarden tidak diragukan layak mendapat peringkat empat daftar Top 10 Grunge Band.

3.Alice in Chains


Alice in Chains



Apakah ada kekompakan duet yang lebih berdampak dalam adegan grunge dari Alice in Chains gitaris / vokalis Jerry Cantrell dan pembangkit tenaga listrik vokalis Layne Staley? Harmoni pasangan itu yang tak tertandingi, dengan Staley memberikan pukulan ekstra ketika hal-hal menjadi benar-benar berat. ‘Man in the Box’ menempatkan mereka di peta musik pada tahun 1991, dan pada tahun berikutnya, mereka menelurkan karya grunge, ‘Dirt,’ yang menampilkan klasik seperti ’Would?,’ ‘Rooster,’ ‘Them Bones’ and ‘Angry Chair.’

2.Pearl Jam


Pearl Jam

Terbentuk setelah runtuhnya band Mother love Bone, Pearl Jam muncul dari abu untuk terbang dengan album 1991 ‘Ten’. Berirama berat dalam lagu ‘Alive’ yang mengatur nada untuk grup, sementara menghentak keras lewat lagu ‘Even Flow ‘ mengukuhkan status mereka sebagai sebuah band yang patut diperhitungkan. Dan pada saat ‘Jeremy’ memerintahkan gelombang udara MTV, semua orang tahu Pearl Jam. The ‘Vs. “dan album ‘Vitalogy’ terus menggetarkan musik grunge yang nyaris tenggelam, dan band ini masih menjadi salah satu band paling sukses hingga saat ini.

1.Nirvana


Nirvana

Sulit untuk membantah Nirvana sebagai band grunge nomer satu dari 10 daftar terbaik band Grunge, karena pada dasarnya mereka mampu menempatkan genre musik mereka pada peta musik 1991, melalui album ‘Nevermind’. Tetapi hal-hal tidak berhenti dengan ‘Smells Like Teen Spirit,’ atau ‘Come As You Are,’ adalah ‘Lithium’ dan mereka ” In Utero’, ‘Heart Shaped Box’ dan ‘Rape Me’ menjadi yang terbaik saat kemunculan Nirvana dalam dunia musik grunge. Sayangnya, kami kehilangan Kurt Cobain pada tahun 1994, namun fakta bahwa band mencapai status ikonik berbicara kepada kualitas musik dan dominasi mereka sedemikian powerfull namun singkat.

No comments

Powered by Blogger.